Friday, December 30, 2022

Membangun Etiket Untuk Pengembangan Diri dalam Dunia Kerja Pada Karyawan Dandan


Membangun Etiket Untuk Pengembangan Diri dalam Dunia Kerja

Pada Karyawan Dandan


Tujuan Penulisan Artikel

Artikel ini tulis bukan hanya semata untuk memenuhi tugas Etika Bisnis, tapi penulis juga berharap dapat memberikan edukasi kepada pembaca artikel tentang Etiket dalam dunia kerja.

Pendahuluan

Etiket ialah pedoman yang mengatur tindak dan gerak manusia yang berkaitan dengan: sikap dan perilaku, bagaimana cara bersikap dan berperilaku dalam menghadapi situasi; ekspresi wajah, yaitu bagaimana raut muka yang harus ditampilkan dalam menghadapi suatu situasi, misalnya dalam melayani tamu; penampilan sopan santun cara menampilkan diri, misalnya: cara duduk, cara berdiri yang wajar dan tidak dibuat-buat; cara berpakaian, baik menyangkut gaya pakaian, tata warna, keserasian model yang tidak mencolok dan lain-lain; cara berbicara, yaitu tata cara/sopan santun dalam berbicara baik secara langsung maupun tidak langsung; gerak-gerik, yaitu sopan santun dalam gerak- gerik badan dalam berbicara secara langsung berhadapan dengan tamu.

Manfaat dan Tujuan Etiket :

a.      Mempererat hubungan

b.     Memberikan kenyamanan pada orang sekitar

c.      Menjaga Perasaan orang lain.

d.     Menjaga Hubungan yang baik.

e.      Membangun loyalitas dengan pelanggan.

Setiap individu perlu melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan yang berpengaruh pada perkembangan diri, dalam memulai karir setiap individual pasti memulai dari awal dan tidak instan untuk mencapai jabatan yang tinggi, sebelum menuju jabatan yang tinggi tersebut individu membutuhkan pengalaman, skill dan kedisiplinan untuk pengembangan diri. Sebelum mendalami peran dan mengasah kemampuan dalam suatu bidang pekerjaan hal yang paling krusial dalam dunia pekerjaan adalah Etiket, etiket ialah suatu sikap atau aturan yang mengatur hubungan antara kelompok manusia dalam suatu hubungan.

Metode

Pada pengumpulan data untuk menunjang artikel menggunakan angket, untuk mendapatkan data primer dan interview, Wawancara dilakukan pada tanggal 3 Mei 2022 di  Toko Dandan, Depok. Sasaran Wawancara ialah Karyawan Toko Dandan yang bernama Elsa Ardianti, Kelahiran Garut, 20 Mei 2002, Bekerja di Toko Dandan sejak Bulan Maret 2022.


Draft Pertanyaan Wawancara

1.     Siapa nama lengkap kakak?

2.     Bekerja sebagai karayawan Dandan Sejak Kapan?

3.     Apakah ada alasan bekerja di Dandan?

4.     Tugas kakak bekerja di Dandan Apa saja?

5.     Apakah ada aturan signifikan dalam bekerja?

6.     Siapa yang mengawasi atau menilai kinerja karyawan di Dandan

7.     Apa yang Narasumber rasakan ketika mulai memasuki dunia pekerjaan, Pasti akan ada perbedaan dari aktivitas kakak dengan rekan kerja di tempat yang sekarang dan sebelumnya?

8.     Bagaimana hubungan narasumber dengan rekan kerja di tempat yang sekarang dan sebelumnya?

9.     Apakah narasumber pernah mengalami kesulitan ketika bersosialisasi dengan rekan kerja?

10.  Apa apa saja yang akan dilakukan narasumber untuk menerapkan etiket yang baik pada pribadi narasumber ditempat kerja?

11.  Selain menerapkan etiket pada diri sendiri, bagaimana narasumber menerapkan etiket yang baik antar teman kerja?

12.  Bagaimana solusinya agar narasumber bisa bertahan atas semua masalah yang ada ditempat kerja?

Hasil dan Pembahasan

Dari hasil Wawancara yang telah dilakukan pada narasumber yang bekerja sebagai pramuniaga, Tugas utama seorang tenaga penjual adalah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen. Asisten penjualan harus membantu konsumen menemukan kebutuhan mereka, mendengarkan keluhan, dan membimbing konsumen untuk membuat pilihan yang tepat. Rekan penjualan harus peka terhadap umpan balik konsumen. Tenaga penjual bertanggung jawab untuk menyambut pelanggan dengan ramah dan sopan.

SOP berfungsi sebagai pedoman kerja, landasan hukum, informasi hambatan kerja dan tolak ukur kedisiplinan. Fungsi utama prosedur operasi standar adalah untuk memandu pelaksanaan pekerjaan. SOP yang berisi tahapan dan urutan kerja akan memandu karyawan melalui tugas. Aturan kerja adalah pengaturan hal-hal yang harus dilakukan atau diikuti oleh karyawan selama operasi perusahaan atau di lingkungan kerja. SOP dan Aturan dalam suatu perusahaan atau pekerjaan akan menyesuaikan dalam penerapan etiket pribadi dan kelompok.

Kelalaian atau kegagalan dalam melakukan SOP atau tahapan pekerjaan dan aturan ruang lingkup pekerjaan memiliki sanksi atau ketentuan yang harus dipenuhi, narasumber pernah melakukan kelalaian dalam menjadi kasir dan uang yang ada dalam laporan tidak sesuai dengan yang ada dikasir, maka narasumber harus mengganti atau menanggulangi kekurangan uang tersebut.

Toko Dandan  memiliki supersivor guna membantu perusahaan dalam mencapai produktivitas selain itu supervisor juga membantu, membimbing, memotivasi, dan  mengarahkan karyawannya.

Kenyamanan kerja merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan pribadi dan organisasi. Seorang individu yang dapat dijamin keberhasilannya dalam bekerja akan merasa nyaman sehingga individu tersebut dapat tampil sesuai dengan yang diharapkan bahkan melebihi harapan pribadi dan organisasinya dan berlaku juga sebaliknya, jika lingkungan kerja tidak memberikan rasa nyaman maka kinerja karyawan cendrung menurun dan tidak maksimal.

Etiket merupakan bentuk interaksi tatakrama atau sopan santun satu individu terhadap individu lain atau kelompok tertentu dalam ruang lingkup pergaulan yang perlu selalu diperhatikan agar hubungan berjalan dengan baik. Dalam dunia kerja Formal terdapat aturan aturan atau etiket yang menyangkut rekan kerja atau atasan, dalam bertutur kata, dalam kesopanan berpakian, kerapian, cara beradaptasi dengan karyawan lain.  Dalam membangun etiket yang baik pada rekan kerja kita perlu meningkatkan kualitas komunikasi antara rekan kerja satu divisi agar tidak terjadi kelalaian atau miss komunikasi yang bisa berakibat pada pekerjaan. Dalam dunia pekerjaan harus saling pengertian satu sama lain dan jangan malu untuk minta maaf duluan ketika merasa salah, rendah hati dan sering bertanya agar tidak terjadi kesalahan.

Berikut hal hal yang harus dilakukan untuk menjaga etiket didalam ruang lingkup kerja:

1.     Memperkenalkan diri kepada rekan kerja dengan sopan dan ramah.

2.     Ucapan salam, seperti Ucapan Selamat pagi kepada rekan kerja atau pelanggan.

3.     Tidak mengurusi urusan pribadi orang lain atau rekan kerja

4.     Loyal kepada rekan kerja, dan tidak egois.

5.     Mempunyai Empati terhadap rekan kerja.

Kesimpulan

Dalam dunia kerja etika dan etiket sangat diperlukan, etiket membantu individu dalam pengambilan keputusan atau bersikap sesuai dengan kondisi, situasi dan tempat agar tidak salah bertindak atau melakukan hal hal yang diluar batas kewajaran. Berperilaku sopan dan ramah membuat orang disekitar menjadi nyaman dan dapat meningkatkan kepercayaan orang terhadap suatu individu.


No comments:

Post a Comment

Membangun Etiket Untuk Pengembangan Diri dalam Dunia Kerja Pada Karyawan Dandan

Membangun Etiket Untuk Pengembangan Diri dalam Dunia Kerja Pada Karyawan Dandan Tujuan Penulisan Artikel Artikel ini tulis bukan hanya sem...